Tips Mencegah Batu Empedu

Empedu sebagian besar tersusun untuk air dan memiliki kegunaan sekretorik yakni membawa bilirubin dan superioritas kolesterol di dalam usus untuk dikeluarkan bersama feses. Fungsi pencernaan empedu dikerjakan oleh gusar empedu, yang akan mengemulsikan lemak dalam usus mendalam. Emulsifikasi bermanfaat pemecahan molekul lemak yang berukuran gede menjadi molekul yang berukuran lebih kuntet.

Dimana Empedu Diproduksi?

Empedu dibentuk berdasar pada simultan sambil sel hati dan vesika biliaris (kandung empedu). Penerapan empedu dirangsang oleh hormon sekretin yang diproduksi duodenum ketika target mulai mengakar ke usus halus. Begitu makanan yang mengandung lemak memasuki duodenum, mukosa duodenum akan mensekresi hormone kolesistokinin. Hormone berikut akan panas kontraksi otot polos dalam dinding kopek empedu, yang akan mengambil empedu mengambil saluran khusus yang hasilnya bermuara di duodenum.

Fungsi Empedu dan Masalah yang Muncul



Satu diantara fungsi kopek empedu merupakan memekatkan empedu dengan melesap kandungan airnya. Jika empedu mengandung kolesterol dalam pemfokusan tinggi, dipastikan penyerapan larutan akan memungkinkan terjadinya penyusunan obat batu empedu kristal kolesterol. Kristal tersebut adalah kerikil empedu.

Bila batu empedu tersebut berukuran kecil, ia akan mampu melewati gelombang jalan (duktus kistikus dan duktus koledokus komunis) ke di duodenum tanpa menimbulkan tanda. Namun kalau ukuran gede, batu empedu tersebut tak akan dapat mengarungi saluran tersebut dan bisa menimbulkan mereguk sakit yang menjalar daripada ulu menawan hati ke bahu kanan. Rona kulit tubuh terutama muka, mata dan telapak tangan akan menjadi kuning penyebab empedu tertumbuk sehingga mengundang aliran pulih ke kukuh, dengan demikian bilirubin diserap kembali ke dalam kebiasaan.

Hindari Penyusunan Batu Empedu dengan Rezeki Makanan Berserat

Fiber (serat) diketahui bermanfaat untuk mengekang pembentukan berangkal empedu. Diet tinggi fiber serabut terbukti sanggup menurunkan biliary cholesterol saturation index (BCS index) adalah indeks kadar kolesterol dalam saluran biliaris dan chenodeoxycholic acid (CDCA). Penurunan uraian ini memiliki arti telah berlangsung penurunan kekuasaan kolesterol empedu sehingga prospek terbentuknya kerikil empedu dapat dihindari. Mempesona bukan? Kalau anda yang berisiko menelan batu empedu boleh mengetes tips itu. Diet beserta sayuran ataupun buah-buahan makmur kandungan macet serta kurangi konsumsi makanan berlemak kamu.

Write a comment

Comments: 1